Cari Berita

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Anak SD Bina Anak Sholeh (BIAS) Belajar tentang Pentingnya Merawat Kesehatan Badan di Fakultas Ilmu kesehatan (FIKES) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO)

Anak SD Bina Anak Sholeh (BIAS) Belajar tentang Pentingnya Merawat Kesehatan Badan di Fakultas Ilmu kesehatan (FIKES) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO)

Hari Selasa, 14 Januari 2020 bertempat di Kampus II Unriyo, 43 Anak BIAS kelas 1 dan 2 bersama 6 guru pendamping melakukan kunjungan ke FIKES UNRIYO untuk belajar tentang ‘Pentingnya Merawat Kesehatan Badan’. Tema ini menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui oleh anak sejak dini karena cara merawat kesehatan badan termasuk pendidikan seksual pada anak dengan cara yang tepat akan bermanfaat agar mereka terbebas dari penyakit atau cacat yang berhubungan dengan tubuhnya, membentuk kemampuan untuk memahami perilaku seksual yang sehat di masa mendatang, dan mencegah tindakan tidak senonoh seperti pelecehan seksual. Anak perlu memahami dan mengenali tubuhnya sejak dini, termasuk bagian-bagian vital di tubuhnya, yang merupakan bagian dari pendidikan kesehatan reproduksi.Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya, upaya itu juga untuk melindungi anak dari kejahatan seksual.

Untuk itu dalam rangka menjalankan kegiatan tri darma dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat maka 15 dosen di lingkungan FIKES memberikan berbagai materi secara komprehensif baik dari kesehatan badan, ergonomi, maupun organ reproduksi kepada anak-anak SD Bias. Para dosen di Program Studi Perawat mengajarkan tentangmengenal panca indra dan organ tubuh, dosen Fisioterapi mengajarkan kepada anak tentang posisi duduk dan cara duduk yang ergnomis serta bagaimana menggunakan smarphone secara baik dan benar. Para dosen dari Program Studi Kebidanan akan menjelaskan tentang bagaimana menjaga kesehatan badan dan pendidikan seks sejak dini, sedangkan para dosen dari Program Studi Kesehatan Masyarakat akan mempraktikan cara cuci tangan pakai sabun dan cara menggosok gigi dengan benar. Agar seluruh materi yang diberikan tersampaikan dengan baik, maka berbagai metode pembelajaran yang menarik diberikan kepada anak, seperti menonton video, melihat organ tubuh dengan alat peraga, praktik dan bernyanyi bersama sambil belajar. Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi anak dan guru SD Bias.


Berita Terkait

PKL Prodi Kesmas

Workshop Penulisan Buku Ajar Level Advance

Laporan Auditor Independen 2015

Angkat Sumpah Dan Pelantikan Ners

Public Health Study Tour ACICIS – UI – UNRIYO

Halaman Lain